Tentang Kesabaran

Kehidupan dunia penuh dengan warna. Ada pula yang mengatakan kehidupan ini bagaikan ombak di lautan.Ada pasang dan surut. ada bahagia ada sengsara.Nah, ketika sengsara melanda kita,kita tidak pernah tahu seberapa besar kesengsaraan itu menimpa kita dan seberapa jauh kita dapat sabar menanggungnya.Sebenarnya kita tidak perlu panik apalagi putus asa ketika sengsara ini datang. Sengsara bukan berarti kita harus miskin loh. Sengsara dapat berarti pula kesulitab ekonomi, kesehatan yang memburuk, kondisi keluarga yang tidak stabil dsb.

Oke, kita sepakat bahwa kita nggak mau sengsara ini melanda tapi eits… jangan salah dulu! Kita berada di alam dunia. Tempat payah dan susah. Tempat hina dan sengsara. Tempat cobaan dan ujian. Jadi sudah semestinyalah sebuah kesabaran jadi modal kita.

Sabar itu ada 3.
1.Sabar menghadapi cobaan Allah
2.Sabar menjalani ibadah yang Allah wajibkan pada kita
3.Sabar menjauhi segala larangan Allah

Yang kedua dan ketiga dapat kita laksanakan hanya dengan hati yang ikhlas dan keyakinan yang penuhi. Godaan dapat kita tepis dengan banyak berdzikir kepada Allah swt. Namun yang pertama, sudah banyak dari teman teman kita yang kemudian kehilangan jati diri agamanya karena cobaan Allah. Padahal dalam hal ukuran, Allah sebenarnya telah memberi kita cobaan yang sesuai dengan kapasitas keimanan kita. Subhanallah…

Allah berfirman : لا يكلف الله نفسا الا وسعهـا
Yang artinya: Allah swt tidak membebani seseorang dengan cobaan kecuali orang tersebut mampu menanggungnya.

Betapa cintanya allah pada kita sehingga Ia masih ‘memperhitungkan’ (kurang lebih begitulah pengertiannya) seberapa besar cobaan yang Allah berikan kepada kita. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk kemudian berputus asa dari rahmat Allah swt apalagi sampai memprotes kebijakan Allah kepada kita yang telah Ia gariskan pada kita sejak zaman Azali bukan?

Semoga kita diberi kesabaran ekstra dalam hal apapun. Amiin🙂
Penulis Val Hasan

About Akhi Bahtiar

I'm a student in College of Information Management and Computer of Amikom Yogyakarta. Alumni of Islamic boarding zainul hasan genggong Probolinggo. now stayed at yogyakarta . very fond of web-based programming. familiar with programming languages ​​such as PHP,MySQL,Ajax JQuery and many others. addition to being a student also worked as an assistant lecturers in the course of advanced web programming and freelance web developer in elance.com ... our Motto : "life is to be beneficial"

Posted on 2 Februari 2011, in Agama Islam, Artikel Islam. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Tentang Kesabaran.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: